Pernyataan Roche Terkait Pasokan Tocilizumab (Actemra) di Indonesia


Jakarta. Juli 2021. Kami menyadari sepenuhnya situasi COVID-19 di Indonesia saat ini dan kesulitan yang dihadapi tenaga kesehatan dan pasien serta kebutuhan mendesak terhadap obat-obatan yang dapat membantu kesembuhan pasien terhadap gejala penyakit COVID-19. Sehubungan dengan adanya peningkatan jumlah kasus COVID-19 yang signifikan di Indonesia, kami juga melihat adanya peningkatan permintaan  Tocilizumab (merek dagang: Actemra).

 

Meskipun belum mendapat persetujuan untuk pengobatan COVID-19 di Indonesia atau di negara mana pun di dunia, Tocilizumab (Actemra) telah diberikan Izin Penggunaan Darurat oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (Food and Drug Administration/FDA) pada tanggal 25 Juni 2021 dan pada tanggal 6 Juli 2021 dimasukkan dalam panduan World Health Organisation (WHO) terkait penanganan COVID-19. Tocilizumab (Actemra/RoActemra) telah banyak digunakan selama pandemi ini dalam praktik medis, dan permintaan terhadap obat ini telah meningkat secara signifikan di seluruh dunia.

 

Kami terus berupaya untuk memenuhi pasokan untuk kebutuhan saat ini dan minggu-minggu mendatang. Kami telah meningkatkan kapasitas produksi kami sendiri secara signifikan dan telah bekerja sama dengan mitra produsen eksternal untuk meningkatkan ketersediaan pasokan secara global termasuk untuk Indonesia. Tetapi kami menyadari bahwa hal tersebut masih belum bisa memenuhi kebutuhan mendesak akibat pandemi.

 

Pemenuhan kebutuhan Tocilizumab (Actemra) untuk pasien di Indonesia dilakukan sesuai jalur distribusi obat yang berlaku. Sesuai dengan peraturan yang berlaku, PT Roche Indonesia dan pihak distributor tidak dapat melayani pembelian perseorangan oleh pasien. Pasien/keluarga pasien perlu menghubungi rumah sakit untuk mendapatkan informasi terkini terkait ketersediaan dan proses pembelian Tocilizumab (Actemra) di rumah sakit untuk kebutuhan medis pasien.

 

Kami tetap berkomitmen untuk mendukung upaya berkelanjutan melawan pandemi di Indonesia dan di seluruh dunia. Di kondisi pandemi yang berubah-ubah ini, kami terus mengevaluasi situasi untuk memastikan distribusi yang adil. Kami akan melanjutkan upaya kami semaksimal mungkin bersama semua pemangku kepentingan terkait dan distributor kami untuk membantu mengatasi krisis kesehatan yang sedang terjadi.

 

M-ID-00000225-07-2021

Apabila Anda memiliki pertanyaan, silahkan menghubungi jalur komunikasi Roche Indonesia

Website https://www.roche.co.id/id/contact-us.html
WhatsApp 0811 1983 615